Admin/Operator Aktivasi Layanan PPDB Mandiri

Proses aktivasi layanan, sangat penting dan diperlukan. Sebagai penanda, bahwa layanan PPDB Mandiri, selesai dibayar. Dan akan dilanjutkan untuk digunakan. Sehingga perlu untuk diaktifkan/mengaktivasi. Siapa yang melakukan aktivasi? bisa siapa saja, yang memiliki kewenangan atau diberikan mandat oleh sekolah yang telah berlangganan dan berbayar untuk melakukan aktivasi layanan PPDB Mandiri. Bisa saja operator atau admin madrasahnya, pegawai tata usaha suatu sekolah, ketua yayasannya, bahkan kepala sekolahnya pun bisa.

Kebutuhan proses aktivasi hanya harus mengetahui Kode Aktivasi nya saja. Sebagaimana yang didapatkan dalam proses berbayar dalam prosedur berlangganan PPDB Mandiri. Yang perlu diperhatikan dalam proses aktivasi ini. Selain harus mengetahui kode aktivasi nya. Juga harus disiapkan Email Admin atau Email Operator yang nantinya ditugaskan untuk mengendalikan dan mengelola PPDB Mandiri instansi ini. Syarat email admin/operator tersebut, adalah harus valid (bisa masuk ke email tersebut dan bisa diakses oleh pemiliknya, serta dapat dikirimi email dari sistem PPDB Mandiri). Sebab, nantinya sistem PPDB Mandiri, akan memberikan password/kata sandi untuk bisa masuk ke halaman dasbor operator (Web Operator). Web Operator nantinya akan ada penjelasannya tersendiri terkait dengan tata cara penggunaannya.

Tatacara Aktivasi Layanan PPDB Mandiri

Adapun tatacara dan langkah-langkah melakukan proses aktivasi layanan PPDB Mandiri tersebut adalah sebagaimana berikut:

  1. Akses terlebih dahulu ke halaman portal PPDB Mandiri pada https://ppdb.id/
  2. Lanjutkan dengan klik tombol Login Operator di bagian pojok kanan atas klikloginoperator.png
  3. Selanjutnya akan mengarah ke bagian halaman login/halaman masuk ke Web Operator. Namun, tujuannya saat ini bukan untuk login. Melainkan untuk proses aktivasi layanan. Sehingga, silakan klik bagian Aktivasi Di sini sebagaimana gambar di bawah ini: aktivasidisini.png
  4. Setelah klik bagian aktivasi tersebut. Halaman akan berubah mengarah ke halaman memasukkan Kode Aktivasi. Sehingga inputkan Kode Aktivasi yang telah didapatkan dalam proses berlangganan PPDB Mandiri, di kolom yang telah disediakan tersebut inputkankodeaktivasilayanan.png
  5. Lanjutkan dengan klik Periksa Kode Aktivasi untuk proses sistem melakukan kevalidan dari kode aktivasi yang telah diisikan tersebut periksakodeaktivasi.png
  6. Jika kode aktivasi tersebut valid. Maka saat dilakukan pemeriksaan kode aktivasi tersebut. Halaman akan berlanjut ke halaman konfirmasi sekolah pemesan sebagaimana di bawah ini: konfirmasisekolahpemesan.png
  7. Namun. Jika kode aktivasi yang diinputkan tidak valid (salah pengetikan/typo/kurang/tidak sesuai dengan kode aktivasi yang didapatkan saat berlangganan, dst). Sistem akan menampilkan informasi bahwa kode aktivasi tidak valid. Sehingga pastikan dengan tepat menginputkan kode aktivasi yang didapat setelah proses pembayaran selesai dilakukan. kodeaktivasitidakvalid.png
  8. Berlanjut pada proses, dimana saat kode aktivasi yang diinputkan merupakan kode yang sesuai. Maka masuk ke bagian konfirmasi data dari sekolah pemesan. Lakukan validasi kembali atas informasi sekolah pemesan tersebut. Sesuaikan dengan mengisikan langsung data sekolah sevalid mungkin. Mulai dari nama sekolah, alamat sekolah, jenjang, provinsi dimana sekolah tersebut berada, kota/kabupaten dimana sekolah tersebut berada, dan alamat lengkapnya. Semuanya wajib diinputkan. Tidak boleh ada yang kosong. konfirmasisekolahpemesan.png
  9. Langkah penting selanjutnya dalam proses aktivasi ini, adalah menginputkan email admin atau email operator sekolah, yang nantinya akan mengoperasikan Web Operator. Jadi proses aktivasi layanan PPDB Mandiri ini, sekaligus juga proses menambahkan admin/operator sekolah pertama yang nantinya akan mengelola PPDB Mandiri di instansi. Proses menambahkan admin/operator sekolah ini, artinya adalah proses memberikan akses kepada pihak tersebut, untuk dapat mengelola PPDB Mandiri nantinya melalui Web Operator. Web Operator adalah dasbor dimana proses konfigurasi dan kelola PPDB Mandiri suatu instansi itu dilakukan. Pengendalian, pengaturan seleksi, verifikasi dan validasi, pengaturan gelombang, kompetensi, dll. Semuanya dilakukan dalam Web Operator tersebut nantinya. (Bagian Web Operator akan ada panduan dan penjelasannya sendiri). Inputkan email valid admin atau operator sekolah pada kolom yang telah disediakan emailadmin.png
  10. Jika semua kolom sudah terisi semuanya. Lakukan klik Aktivasi klikaktivasi.png
  11. Jika semuanya sudah diisikan sesuai dengan format. Maka proses aktivasi akan berjalan dengan lancar dan sukses. Adapun tanda jika proses aktivasi layanan PPDB Mandiri tersebut berhasil. Yaitu dengan muncul informasi sebagaimana gambar di bawah ini: aktivasiberhasil.png
  12. Jika terdapat bagian kolom yang kosong. Maka akan muncul informasi dari sistem sesuai dengan konteksnya. adainputanyangkosong.png
  13. Jika proses aktivasi berjalan dengan lancar. Maka proses aktivasi layanan PPDB Mandiri selesai sebagaimana langkah pada angka ke-12 di atas.
  14. Dalam penjelasan langkah-langkah aktivasi layanan di atas. Pada langkah ke-9 dijelaskan bahwa ada proses dimana harus menginputkan email valid admin/operator yang nantinya akan mengoperasikan PPDB Mandiri ini. Jika email tersebut valid, maka sistem PPDB Mandiri akan mengirimkan kata sandi/password yang bisa digunakan oleh admin/operator tersebut, untuk Login/Masuk ke Web Operator PPDB Mandiri sekolah yang bersangkutan. Email admin/operator tersebut, akan mendapatkan email sebagaimana di bawah ini, yang menginformasikan kata sandi/passwordnya. emailakunlayanan.png
  15. Dalam proses selanjutnya. Operator/admin sekolah PPDB Mandiri, bisa melanjutkan tugas pengelolaan PPDB Mandiri di Web Operator dengan login ke sana, dengan akun yang telah diberikan dalam proses aktivasi layanan tersebut. Untuk login/masuk ke Web Operator tersebut, bisa langsung akses ke url https://operator.ppdb.id/

results matching ""

    No results matching ""